Skip to content

Kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia

Desember 27, 2011

Kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia

Pengantar

Sejak awal tarikh Masehi, Nusantara dikenal sebagai sumber penghasil rempah-rempah yang sangat dibutuhkan di Eropa sebagai obat, pengawet makanan, dan bumbu masakan. Orang Eropa biasa membeli rempah-rempah dari orang Asia Barat. Oleh karena membeli dari pedagang perantara, harga rempah-rempah di Eropa menjadi sangat mahal. Sehingga mendorong orang-orang Eropa untuk mencari langsung ke daerah sumbernya.

Tujuan Kedatangan Bangsa Eropa ke Nusantara

Tujuan awal kedatangan bangsa Eropa ke Nusantara adalah memperoleh rempah-rempah langsung dari sumbernya. Ternyata, tujuan itu berkembang menjadi tujuan-tujuan lain yang mengarah pada Kolonialisme. Tujuan-tujuan lain itu adalah sebagai berikut :

1. Menguasai perdagangan rempah-rempah langsung dari sumbernya. caranya dengan menerapkan monopoli perdagangan, yakni bangsa Eropa bertindak sebagai satu-satnya pembeli dengan harga yang mereka tentukan. Tindakan itu sudah tentu merugikan para petani rempah-rempah.

2. Menguasai wilayah strategis, baik untuk perdagangan maupun basis militer. Dengan kekuatan armada dan strategi pecah belah, bangsa Eropa memaksa penguasa setempat untuk menandatangani perjanjian yang mengesahkan penguasaan atas suatu wilayah yang strategis.

3. Mengeruk sebanyak mungkin kekayaan sumber daya suatu wilayah. Caranya dengan memaksa penguasa setempat menandatangani suatu perjanjian.

4. Turut campur dalam urusan politik suatu wilayah. Secara semena-mena, bangsa Eropa ikut menentukan orang yang mereka anggap layak menjadi penguasa di wilayah tersebut. Orang yang mereka pilih sudah tentu akan menguntungkan mereka, sedangkan penguasa yang y ang menentang akan sesegera mungkin disingkirkan. Dengan cara seperti itu, mereka dapat mempertahankan atau memperbesar pengaruh mereka atas suatu wilayah.

Sumber : Matroji. 2007. Sejarah untuk SMP kelas VII. Jakarta:ERLANGGA

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: